Sunday, October 14

SMS, LEBARAN, copy paste

"Mau tahu idola kamu berlebaran? Ketik : REG Yenni, kirim ke 08129989xxx. Nah, sms Minal Aidin Wal Faidzin, langsung dari HP aku lho :-)Maaf lahir batin y..". Begitulah sms dari yenni yang masuk ke HP ku di hari lebaran kemarin. Kalau Farah lain lagi. Begini sms-nya : "everytime I hear my message tone, I hope one of them comes from you. My phone has limited memory but my heart has unlimited space for u. Minal Aidin wal faidzin, :-)"

Atau yang agak "heroik" adalah sms dari Chalid Muhammad. Aku lupa persis bunyinya, karena keburu sudah kehapus, tapi intinya diawali dengan peringatan pemanasan global, penggundulan hutan, dan ancaman bencana geo-ekologis yang mengintai di depan mata. Lalu ditutupnya dengan doa dan ucapan selamat lebaran.

Tiga sms itu boleh dibilang satu dari sedikit yang "kreatif". Meski aku tak yakin itu benar-benar orisinil dari pengirimnya, tapi setidaknya ketika membaca aku tersenyum simpul. Dari sekian banyak sms yang aku terima, nadanya seragam. Semuanya baik memang, berisi ucapan selamat, doa dan pengharapan. "Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1428 H, mohon maaf lahir & batin, minal aidin wal faidzin, taqaballahu mina wa minkum, dan semacamnya. Ucapan-ucapan dalam sms itu baik adanya. Tapi kadang 'membosankan' dan klise atau bisa jadi sekedar basa-basi.

Aku tak bermaksud menuduh. Tetapi kalau tak cermati (ini subyektif tidak apa-apa ya!)banyak diantara sms lebaran itu yang tidak dilandasi oleh niatan tulus permohonan maaf, atau bahkan ketulusan untuk ucapan selamat sekalipun. Banyak sesungguhnya sms yang dikirim dari satu orang ke orang lain punya misi-misi tertentu. Setidaknya orang ingin menjukkan eksistensi dirinya. Secara implisit, orang yang mengirim pesan itu ingin menunjukkan, "gua sekarang ketua ini lho, gua sekarang posisinya ini lo, atau gua ingin loe selalu mengingat nama gua".

Selalu mengingat nama orang lain---teman, kolega, sahabat, mitra, dsb---tentu saja dianjurkan karena itu bagian dari cara bersilaturahmi. Meski tak bisa hadir secara fisik, sms-pun jadilah.

No comments: